Minggu, 07 Desember 2014

PSIKOLGI KOMUNIKASI



KOMUNIKASI
   Komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik(efektif). Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya.

Unsur-unsur Komunikasi
     Untuk dapat berkomunikasi secara efektif kita perlu memahami unsur-unsur komunikasi, antara lain:
1.    Komunikator.
    Pengirim (sender) yang mengirim pesan kepada komunikan dengan menggunakan   media tertentu. Unsur yang sangat berpengaruh dalam komunikasi, karena merupakan awal (sumber) terjadinya suatu komunikasi.
2.    Komunikan.
    Penerima (receiver) yang menerima pesan dari komunikator, kemudian memahami, menerjemahkan dan akhirnya memberi respon.
3.    Media.
    Saluran (channel) yang digunakan untuk menyampaikan pesan sebagai sarana berkomunikasi. Berupa bahasa verbal maupun non verbal, wujudnya berupa ucapan, tulisan, gambar, bahasa tubuh, bahasa mesin, sandi dan lain sebagainya.
4.    Pesan.
       Isi komunikasi berupa pesan (message) yang disampaikan oleh Komunikator kepada Komunikan. Kejelasan pengiriman dan penerimaan pesan sangat berpengaruh    terhadap kesinambungan komunikasi.
5.    Tanggapan.
       Merupakan dampak (effect) komunikasi sebagai respon atas penerimaan pesan. Diimplentasikan dalam bentuk umpan balik (feed back) atau tindakan sesuai dengan pesan yang diterima.
Fungsi Komunikasi
      Dengan berkomunikasi dapat menjalin saling pengertian dengan orang lain karena komunikasi memiliki beberapa fungsi yang sangat penting, di antaranya adalah:
1.      Fungsi informasi. Untuk memberitahukan sesuau (pesan) kepada pihak tertentu, dengan maksud agar komunikan dapat memahaminya.
2.      Fungsi ekspresi. Sebagai wujud ungkapan perasaan / pikiran komunikator atas apa yang dia pahami terhadap sesuatu hal atau permasalahan.
3.      Fungsi kontrol. Menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, dengan memberi pesan berupa perintah, peringatan, penilaian dan lain sebagainya.
4.      Fungsi sosial. Untuk keperluan rekreatif dan keakraban hubungan di antara komunikator dan komunikan.
5.      Fungsi ekonomi. Untuk keperluan transaksi usaha (bisnis) yang berkaitan dengan finansial, barang dan jasa.
6.      Fungsi dakwah. Untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dan perjuangan bersama.
Pedoman dalam Berkomunikasi
      Komunikasi yang baik adalah komunikasi dimana pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik tanpa menimbulkan perasaan negatif. Ada beberapa pedoman untuk menjalin komunikasi yang baik, yaitu antara lain:
1.      Berkomunikasi dengan berpedoman pada nilai-nilai agama.
2.      Setiap situasi komunikasi mempunyai keunikan.
3.      Kunci sukses komunikasi adalah umpan balik.
4.      Komunikasi bersemuka adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.
5.      Setiap pesan komunikasi mengandung unsur informasi sekaligus emosi.
6.      Kata adalah lambang untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan yang  terbuka untuk ditafsirkan.
7.      Semakin banyak orang yang terlibat, komunikasi semakin kompleks.
8.      Dapat terjadi gangguan dalam penyampaian pesan komunikasi.
9.      Perbedaan persepsi mengganggu keefektifan sampainya pesan.
10.  Orang berkomunikasi sesuai dengan situasi komunikasi yang diharapkannya.
Komunikasi efektif

Definisi Dan Pengertian Komunikasi Efektif
     Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi. Lebih sederhana sering dikenal dengan komunikasi dua arah,yaitu komunikasi yang menghasilkan timbak balik atau feed back.

Tujuan Komunikasi Efektif
      Tujuan dari Komunikasi Efektif sebenarnya adalah memberikan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informasi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan. Tujuan lain dari Komunikasi Efektif adalah agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seimbang sehingga tidak terjadi monoton.
     Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik. Menurut Mc. Crosky Larson dan Knapp mengatakan bahwa komunikasi yang efektif dapat dicapai dengan mengusahakan ketepatan (accuracy) yang paling tinggi derajatnya antara komunikator dan komunikan dalam setiap komunikasi. Komunikasi yang lebih efektif terjadi apabila komunikator dan komunikan terdapat persamaan dalam pengertian, sikap dan bahasa.
Syarat komunikasi efektif
   Komunikasi dapat dikatakan efektif apabila komunikasi yang dilakukan:
1.      Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang      dimaksud oleh pengirimnya.
2.      Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
3.      Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim
     Bagaimanakah caranya agar kita mampu melakukan komunikasi yang efektif, sehingga target informasi yang harus disampaikan ataupun diserap sesuai dengan harapan ?
Keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dapat dipelajari dan dikuasai dengan latihan rutin dan berkesinambungan secara terus menerus. Untuk dapat melakukan komunikasi efektif ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan yaitu :
  1. Menganalisa
  2. Menyalahkan
  3. Menghakimi
  4. Menasehati
  5. Menginterogasi
       Keterampilan yang harus dimiliki dalam melakukan komunikasi efektif adalah keterampilan mendengarkan dan bertanya. Dalam proses berkomunikasi, seseorang harus mampu mendengarkan dan memahaminya dengan baik. Kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang saling memiliki keterkaitan dan mengarah pada suatu solusi atau ketenangan untuk masing-masing pihak.
      Komunikasi efektif perlu dilakukan untuk dapat membangun sebuah kesamaan keinginan dari sebuah informasi yang disajikan. Sehingga tujuan yang ingin diraih dapat dilakukan secara bersama-sama. Komunikasi efektif dapat dilakukan oleh setiap orang. Jika ada yang merasa tidak mampu, hal ini Karena masalah pembiasaan saja. Melatih orang berkomunikasi secara efektif bisa dilakukan dengan langsung pada prakteknya. Walaupun sepintas sepele, hal ini dapat membantu setiap individu untuk mencapai sebuah kesuksesan baik di dalam kehidupan pribadinya maupun dalam kehidupan karirnya.
Manfaat komunikasi efektif
     Banyak manfaat yang dapat peroleh dengan berkomunikasi secara baik dan efektif, di antaranya adalah:
1.      Tersampaikannya gagasan atau pemikiran kepada orang lain dengan jelas sesuai dengan yang dimaksudkan.
2.      Adanya saling kesefamanan antara komunikator dan komunikan dalam suatu permasalahan, sehingga terhindar dari salah persepsi.
3.      Menjaga hubungan baik dan silaturrahmi dalam suatu persahabatan, komunitas atau jama’ah.
4.      Aktivitas ‘amar ma’ruf nahi munkar di antara sesama umat manusia dapat diwujudkan dengan lebih persuasif dan penuh kedamaian.
Kiat untuk mencapai Komunikasi Efektif
ü    Gunakan umpan balik
ü    Saluran komunikasi yang banyak
ü    Mengenali siapa penerima pesan
ü    Komuniukasi tatap muka
ü    Menyadari dampak bahsa tubuh
ü    Menanggapi isi pembicaraan
ü    Sopan dan wajar
ü    Menghormati semua orang
ü    Mengendalikan emosi
ü    Dll


Proses Komunkasi Efektif
Bagaiman efek suatu proses komunikasi pada seseorang terhadap pesan yang dikomunikasikan dapat diramalkan bagaimana timbul pada komunikan. Upaya untuk hal tersebut dengan menciptakan “the condition of success in communication”, yakni kondisi yang harus dipenuhi ketika menginginkan suatu pesan dapat membangkitkan tangggapan yang kita kehendaki. Kondisi tersebut adalah :
o   Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan.
o   Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju pada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan, sehingga sama-sama mengerti.
o   Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
o   Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan yang layak bagi situasi kelompok dimana komunikan berada pada saat digerakkan untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki.
Selanjutnya seorang komunikator harus meneliti sedalam-dalamnya tujuan komunikan (know your audience) meliputi hal-hal :
1.      Waktu yang tepat untuk suatu pesan
2.      Bahasa yang harus dipergunakan agar pesan dapat dimengerti
3.      Sikap dan nilai yangharus ditampilkan agar efektif
4.      Jenis kelompok di mana komunikasi akan dilaksanakan
Perlu juga diperhatikan bahwa komunikan dapat dan akan menerima sebuah pesan jika terdapat kondisi berikut secara simultan : Komunikan dapat dan benar-benar mengerti pesan komunikasi. Pada saat komunikan mengambil keputusan, komunikan sadar bahwa keputusannya itu sesuai dengan tujuannya serta bersangkutan dengan kepentingan pribadinya. Komunikan mampu untuk menepati baik secara mental maupun secara fisik. Selanjutnya fakta fundamental yang harus diperhatikan oleh komunikator, bahwa komunikan terdiri dari berbagai orang yang saling berinteraksi satu sama lain dalam suatu jaringan pranata sosial, maka setiap orang merupakan subjek bagi berbagai pengaruh diantaranya adalah pengaruh dari komunikator.

14 kemampuan untuk mencapai komunikasi yang efektif

1.Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka.
    Tunjukan kesan kepda mereka bahwa anda lebih suka berbicara dengan mereka daripada orang lain di muka bumi ini. Ketika anda memberi mereka kesan bahwa anda sangat antusias berbicara dengan mereka dan bahwa anda peduli kepada mereka, anda membuat perasaan mereka lebih positif dan percaya diri. Mereka akan lebih terbuka kepada anda dan sangat mungkin memiliki percakapan yang mendalam dengan anda.
2.Ajukan pertanyaan tentang minat mereka .
      Ajukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Galilah sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka.
3.Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka.
     Rasakan bagaimana perasaan mereka pada saat ini dengan mengamati bahasa tubuh dan nada suara. Dari sudut pandang ini, anda dapat menyesuaikan kata-kata, bahasa tubuh, dan nada suara anda sehingga mereka akan merespon lebih positif.
4.Tunjukkan rasa persetujuan: Katakan kepada mereka apa yang anda  kagumi tentang mereka dan mengapa.
    Salah satu cara terbaik untuk segera berhubungan dengan orang adalah dengan menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa anda menyukai atau mengagumi mereka. Jika menyatakan secara langsung dirasakan kurang tepat, cobalah dengan pernyataan tidak langsung. Kedua pendekatan tersebut bisa sama-sama efektif.
5.Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan .
      Jangan terlalu berfokus pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap kata yang mereka katakan dan responlah serelevan mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana bersama dengan mereka. Juga pastikan untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan. Anda tentu saja ingin menghindari semua penyimpangan yang mungkin terjadi dalam komunikasi jika anda ingin mengembangkan hubungan yang sepenuhnya dengan orang tersebut.
6.Beri mereka kontak mata yang lama.
     kontak mata yang kuat mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa anda tidak hanya terpikat oleh mereka dan apa yang mereka katakan tetapi juga menunjukkan bahwa anda dapat dipercaya. Ketika dilakukan dengan tidak berlebihan, mereka juga akan menganggap anda yakin pada diri anda sendiri karena kesediaan anda untuk bertemu mereka secara langsung. Akibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan anda dan apa yang anda katakan.
7.Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin.
      Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan mengungkapkan diri seterbuka mungkin. Bercerita tentang kejadian yang menarik dari hidup anda atau hanya menggambarkan contoh lucu dari kehidupan normal sehari-hari. Ketika anda bercerita tentang diri anda, pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang menyimpang terlalu jauh dari minat mereka atau bahkan berlebihan. Anda dapat membiarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang diri anda seiring berjalannya waktu.
8.Berikan kesan bahwa anda berdua berada di tim yang sama.
      Gunakan kata-kata seperti “kami, kita ” untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila anda menggunakan kata-kata tersebut, anda membuatnya tampak seperti anda dan mereka berada di tim yang sama, sementara orang lain berada di tim yang berbeda.
9.Berikan mereka senyuman terbaik anda.
      Ketika anda tersenyum pada orang, anda menyampaikan pesan bahwa anda menyukai mereka dan kehadiran mereka membawa anda kebahagiaan. Tersenyum pada mereka akan menyebabkan mereka sadar ingin tersenyum kembali pada anda yang secara langsung akan membangun hubungan antara anda berdua.
10.Menawarkan saran yang bermanfaat.
     Kenalkan tempat makan yang pernah anda kunjungi, film yang anda tonton, orang-orang baik yang mereka ingin temui, buku yang anda baca, peluang karir atau apapun yang terpikirkan oleh anda. Jelaskan apa yang menarik dari orang-orang, tempat atau hal-hal tersebut. Jika anda memberi ide yang cukup menarik perhatian mereka, mereka akan mencari anda ketika mereka memerlukan seseorang untuk membantu membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
11.Beri mereka motivasi
     Jika orang yang anda hadapi lebih muda atau dalam posisi yang lebih sulit dari anda, mereka mungkin ingin mendengar beberapa kata motivasi dari anda karena anda lebih berpengalaman atau anda tampaknya menjalani kehidupan dengan baik. Jika anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan orang tersebut, anda tentu saja tidak ingin tampak seperti anda memiliki semuanya sementara mereka tidak. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasan mereka, sehingga mereka akan berharap menjadikan anda sebagai teman yang enak untuk diajak bicara.
12. Tampil dengan tingkat energi yang sedikit lebih tinggi dibanding orang lain.
      Umumnya, orang ingin berada di sekitar orang-orang yang akan mengangkat mereka, bukannya membawa mereka ke bawah. Jika anda secara konsisten memiliki tingkat energi yang lebih rendah daripada orang lain, mereka secara alami akan menjauh dari Anda menuju seseorang yang lebih energik. Untuk mencegah hal ini terjadi, secara konsisten tunjukkan dengan suara dan bahasa tubuh anda bahwa anda memiliki tingkat energi yang sedikit lebih tinggi sehingga mereka akan merasa lebih bersemangat dan positif berada di sekitar Anda. Namun jangan juga anda terlalu berlebihan berenergik sehingga menyebabkan orang-orang tampak seperti tidak berdaya. Energi dan gairah yang tepat akan membangun antusiasme mereka.
13. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan telinga mereka.
      Nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki emosional yang sangat kuat bagi mereka. Tapi hal itu belum tentu seberapa sering anda katakan nama seseorang, namun lebih pada bagaimana anda mengatakannya. Hal Ini dapat terbantu dengan cara anda berlatih mengatakan nama seseorang untuk satu atau dua menit sampai anda merasakan adanya emosional yang kuat. Ketika anda menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa anda lah yang paling berkesan.
14. Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah lebih maju.
      Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memajukan persahabatan anda dengan seseorang: tawaran untuk makan dengan mereka, berbicara sambil minum kopi, melihat pertandingan olahraga, dll. Meskipun jika orang tersebut tidak menerima tawaran anda, mereka akan tetap tersanjung bahwa anda ingin mereka menjalani persahabatan ke tingkat yang lebih dalam. Di satu sisi, mereka akan memandang anda karena anda memiliki keberanian untuk membangun persahabatan bukan mengharapkan persahabatan yang instan.







TEKNIK-TEKNIK DASAR KOMUNIKASI DALAM KONSELING

Konseling merupakan suatu proses komunikasi antara konselor dan klien. Sebagai suatu proses komunikasi, konseling melibatkan ketrampilan konselor dalam menangkap atau merespon pernyataan klien dan mengkomunikasikannya kembali kepada klien tersebut. Dalam berkomunikasi dengan klien konselor seharusnya menggunakan respon-respon yang fasilitatif bagi pencapaian tujuan konseling. Secara umum respon-respon tersebut dapat dikelompokan kedalam berbagai teknik dasar komunikasi konseling antara lain :

A.    Attending ( perhatian )
Attending adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor untuk memusatkan perhatian kepada klien agar klien merasa dihargai dan terbina suasana yang kondusif sehingga klien bebas mengekspresikan / mengungkapkan tentang apa saja yang ada dalam pikiran, perasaan ataupun tingkah lakunya. Contohnya posisi badan termasuk gerak isyrat dan ekspresi muka serta kontak mata.
B.      Opening ( pembukaan )
Opening adalah ketrampilan / teknik untuk membuka / memulai komunikasi dan hubungan konseling. Contohnya menyambut kehadiran klien dan membicarakan topic netral seperti menjwab salam, mempersilakan duduk dll.
C.      Acceptance ( penerimaan )
Acceptance ( penerimaan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk menunjukan minat dan pemahaman terhadap hal-hal yang dikemukakan klien. Contohnya anggukan kepala dll.
D.    Rertatement ( pengulangan )
Restatement adalah teknik yang digunakan konselor untuk mengulang / menyatakan kembali pernyataan klien ( sebagian atau seluruhnya ) yang dianggap penting.
E.      Reflection of fefling ( pemantulan perasaan )
Reflection of fefling ( pemantulan perasaan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk memantulkan perasaan / sikap yang terkandung dibalik pernyataan klien.
F.       Clafication ( klarifikasi )
Clafication ( klarifikasi ) adalah teknik yang digunakan untuk mengungkapkan kembali isi pernyataan klien dengan menggunakan kata-kata baru dan segar. Contohnya pada intinya, pada dasarnya dll.
G.     Paraprahing
Paraprashing adalah kata-kata konselor untuk menyatakan kembali esensi dari ucapan-ucapan klien. Contohnya “ya”, “benar/betul” secara spontan dari klien.
H.     Structuring ( pembatasan )
Structuring ( pembatasan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk memberikan batas-batas / pembatasan agar proses konseling berjalan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dalam konseling.
I.        Lead ( pengarahan )
Lead ( pengarahan ) adalah teknik / ketrampilan yang digunakan konselor untuk mengarahkan pembicaraanklien dari suatu hal ke hal yang lain secara langsung ketrampilan ini sering pula disebut ketrampilan bertanya.
J.       Silence ( diam )
Silence ( diam ) adalah suasana hening, tidak ada interaksi verbal antara konselor dank lien dalam proses konseling.
K.     Reassurance ( penguatan / dukungan )
Reassurance ( penguatan / dukungan ) adalah ketrampilan / teknik yang digunakan oleh konselor untuk memberikan dukungan / penguatan terhadap pernyataan positif klien agar ia menjadi lebih yakin dan percaya diri.
L.      Rejection ( penolakan )
Rejection ( penolakan ) adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor unutuk melarang klien melakukan rencana yang akan membahayakan / merugikan dirinya atau orang lain.
M.    Advice ( saran / nasehat )
Advice adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor untuk memberikan nasehat atau saran bagi klien agar dia lebih jelas mengenai apa yang akan dikerjakan.
N.     Summary ( ringkasan / kesimpulan )
Summary ( ringkasan / kesimpulan ) adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor untuk menyimpulkan atau ringkasan mengenai apa yang telah dikemukakan klien pada proses komunikasi konseling.
O.     Konfrontasi ( pertentangan )
Konfrontasi ketrampilan / teknik yang digunakan oleh konselor untuk menunjukan adanya kesenjangan, diskrepansi atau inkronguensi dalam diri klien kemudian konselor mengumpanbalikan kepada klien.
P.      Interprestasi ( penafsiran )
Interprestasi adalah ketrampilan / teknik yang digunakan oleh konselor dimana atau karena tingkah laku klien ditafsirkan / diduga dan dimengerti dengan dikomunikasikan pada klien. Selain itu didalam interpretasi konselor menggali dan makna yang terdapat dibelakang kata-kata klien atau dibelakang perbuatan / tindakannya yang telah diceritakannya. Bertujuan membantu klien lebih memahami didiri sendiri bila mana klien bersedia mempertimbangkannya dengan pikiran terbuka.
Q.    Termination ( pengakhiran )
Termination ( pengakhiran ) adalah ketrampilan / teknik yang digunakan konselor untuk mengakhiri komunikasi berikutnya maupun mengakhiri karena komunikasi konseling betul-betul telah “berakhir”.

referensi: Supriyo dan Mulawarman. 2006. Keterampilan Dasar Konseling. Semarang: UNNES Press.




Teknik Dasar Komunikasi dalam Konseling


Opening ( Pembukaan )
Pengertian
Opening adalah ketrampilan / teknik untuk membuka / memulai komunikasi dan hubungan konseling. Contohnya menyambut kehadiran klien dan membicarakan topik netral seperti menjwab salam, mempersilakan duduk dll.
Tujuan
·         Untuk memberi penghargaan dan membangun hubungan baik dengan konseli.
Prinsip-prinsip :
A.    Penyambutan
·         Non verbal : Sebuah komunikasi dengan bahasa isyarat seperti : menghentikan aktifitas, penjemputan, menjabat tangan, senyum, isyarat mempersilahkan masuk, menutup pintu, isyarat mempersilahkan duduk, dsb.
·         Verbal : Sebuah komunikasi dengan bahasa lisan, seperti : member salam, menjawab salam, menyebut nama, pujian atas kedatangan konseli,menanyakan kabar dsb.
Kesemuanya bertujuan untuk :
1.         Menciptakan rasa aman konseli.
2.         Membentuk kesan dan persepsi yang positif pada konseli.
3.         Mengkomunikasikan kondisi fasilitas konselor.
B.     Inisiasi pembicaraan
·         Topic netral: Sebuah topic yang tidak langsung melakukan proses konseling, atau topic umtuk mengawali pembicaraan. Misalnya : Hobi, peristiwa hangat, kondisi kesehatan dsb
o   Contoh : “ Oh ya bagaimana keadaan nak …..  dan keluarga dirumah saat ini, sehatkan?”
·         Kegiatan dalam kaitannya dengan kedatangan konseli di ruang konseling.
Contoh : “Apakah saat ini nak ….. tidak sibuk?”
Kesemuanya dilakukan untuk :
1.      Menghindari konselor dari banyak bicara.
2.      Meredakan kecemasan awal konseli.
C.    Transisi pembicaraan
1.         Alih topic
2.         Informasi harapan keberhasilan
3.         Meminta kesediaannta untuk direkam
4.         Pengembangan topic

D.    Hal yang harus dihindari :
1.      Respon berlebihan
2.      Kepura-puraan
3.      Topic netral terlalu panjang sekurang-kurangnya 5 menit
4.      Konselor tidak banyak bicara
5.      Konseli menunggu dan terabaikan


Acceptance ( Penerimaan )
Pengertian
Acceptance ( penerimaan ) adalah teknik yang digunakan konselor untuk menunjukan minat dan pemahaman terhadap hal-hal yang dikemukakan konseli. Kehadiran, bahwa konselor ada dan masih bersama konseli agar konseli merasa ada dan diperhatikan. Contohnya anggukan kepala dll.

Tujuan :
1.      Untuk menyatakan bahwa konselor hadir bersama konseli
2.      Agar konseli merasa diperhatikan
3.      Agar konseli memperoleh balikan atas apa yang dikatakan didengar dan difahami.


Prinsip :
1.        Menghindari stereotip
2.        Bukan sekedar respon sekenanya melainkan konselor menangkap betul aspek yang difahami
3.        Penerimaan tidak berarti persetujuan atau dukungan
Bentuk :
1.      Verbal penerimaan dengan kata-kata
a.       Kata-kata pendek seperti : ya, he-em, baik (dalam arti mendengarkan)
b.      Frasa atau kalimat, seperti : Saya paham, saya memahami apa yang kamu kemukakan, saya dapat merasakan apa yang anda rasakan, saya memahami apa yang anda rasakan, dsb.
2.      Non verbal, penerimaan dengan bahasa isyarat, seperti : menganggukan kepala, isyarat tangan, kontak mata, elspresi wajah, postur dan gesture.
Contoh :
Konseli : “ Bapak saya bingung, atas apa yang dilakukan Doni akhir-akhir ini, sepertinya dia
                        menjauhi saya…
Konselor : “  Bapak, mengerti apa yang kamu bingungkan…..”


Restatement  ( Mengulang Pernyataan)
Pengertian
                    Restatement adalah respon atau teknik menanggapi pembicaraan dengan mengulang atau menyatakan kembali sebagian kata-kata yang penting yang telah diucapkan pembicara.
Tujuan
1.      Konseli memperoleh balikan bahwa konselor menangkap atau mendengarkan sesuai yang konseli ucapkan.
2.      Mengarahkan pembicaraan lebih lanjut sesuai yang diinginkan konselor.
Prinsip
1.      Pengulangan apa adanya, tanpa mengubah kata-kata kecuali kata ganti pelaku.
2.      Memilih pesan yang terpenting diantara sejumlah pesan yang disampaikan konseli.
3.      Menggunakan nada atau irama serta intonasi yang berbeda.
Jenis-jenis
1.      Pengulangan kata atau frase, misalnya: percuma, tidak bisa dimaafkan.
2.      Pengulangan kalimat, misalnya: kamu tidak mau menyapanya lagi.
Komponen
1.      Aksen atau penekanan: mengulangi kalimat/kata dengan nada atau tekanan yang berbeda.
2.      Parafrase: pengulangan dengan kata-kata dan nada yang sama tetapi didahului penegasan konselor, seperti: “ anda baru mengatakan………; yang saya dengar anda tadi mengatakan……..”
Contoh
Konseli ; ” Saya sudah berkali-kali bilang pada ayah, jika yang dilakukannya adalah perbuatan
                    yang salah...”
Konselor: “  Perbuatan yang salah........”
Arah pembicaraan
Agar konseli bercerita lebih lanjut tentang sikap ayahnya yang salah menurut konseli.


Reflection Of Feeling (Pemantulan Perasaan)
Pengertian
Reflection Of Feeling  adalah pola respon atau teknik menanggapi pembicaraan konseli dengan memantulkan perasaan/sikap yang terkandung dalam pernyataan konseli.
Tujuan
1.             Memperoleh kejelasan tentang peranan konseli atas suatu peristiwa.
2.             Konseli merasa dimengerti perasaanya.
3.             Mengarahkan pembicaraan yang lebih dalam, terkait perasaan konseli.



Unsur respon
1.        Kata-kata pemandu yang bersifat dugaan: misalnya sepertnya, nada-nadanya, tampaknya, rupa-rupanya, agaknya dsb.
2.        Pernyataan atas jenis perasaan tertentu yang dialami konseli.
Prinsip aplikasi
1.        Hindari stereotip
2.        Ketepatan waktu menyatakan (timing)
3.        Kaya akan perbendaharaan istilah perasaan
4.        Ketepatan penamaan atau pemilihan jenis perasaan.
contoh
Konseli : “ Saya bingung mau apa, dia begitu senang jika saya mengalami kesusahan, bahkan dia
                    mentertawakan saya habis-habisan, bahkan pernah dia membuat saya malu di depan
                    teman satu kelas.”
Konselor : “Mendengar cerita anda, sepertinya anda sangat jengkel sekali pada dia…”
Arah pembicaraan :
agar konseli mengungkap perasaan lebih jauh mengenai kejengkelan yang dialami.


Clarification (penegasan pernyataan)
Pengertian
Klarifikasi adalah teknik yang digunakan untuk memperjelas, menjernihkan, mengungkap kembali isi pernyataan konseli yang dianggap kurang jelas, samar-samar, meragukan oleh konselor oleh konselor dengan menggunkan kata-kata baru.
Tujuan
1.        Konseli memperoleh balikan kalau konselor memahami konseli secara penuh.
2.        Memperjelas isi pesan konseli dengan persepsi konselor.
3.        Konseli terbantu mendiskriminasikan perbuatan/situasi yang dihadapi konseli.
4.        Konselor mengarahkan pembicaraan lebih lanjut ke arah uraian situasi ataupun perbuatan yang lebih luas dan dalam dari pernyataan konseli.
Prinsip aplikasi
1.      Menghindari sterotip.
2.      Menggunakan kata pemandu atau modalita klarifikasi.
3.      Kaya akan perbendaharaan istilah.
4.      Mengungkapkan inti yang merupakan perasaan atau sari pati dari isi pembicaraan.
5.      Menggunakan kata-kata yang baru dan segar.
Contoh 1
Pernyataan konseli
Saya harus bagaimana, “Ibu menginginkan saya putus dengan pacar saya dan mencari pengganti yang sama-sama anak kuliah, Bapak menghendaki saya untuk bertunangan dengan putra sahabat dekatnya sewaktu SMA, saya sendiri lebih suka cowok pilihanku.
Respon konselor.
Pada dasarnya anda berada dipersimpangan jalan.
Arah pembicaraan
Agar konseli mengungkap lebih jauh aspek-aspek konflik pilihanya.
Contoh 2
Pernyataan Konseli
      “Saya harus menjadi seperti apa, setiap langkah yang saya lakukan selalu saja tidak disetujui ibu dan ayah, setiap saya mau ini, harus begitu, saya benar-benar lelah harus mengikuti apa yang mereka inginkan, seakan-akan aku ini seperti boneka saja”
Respon konselor
     “ Pada dasarnya anda kurang suka atas sikap orang tua anda, yang suka mengatur-atur anda”

Structuringn (penataan, pembatasan)
Pengertian
Structuringn adalah suatu teknik penginformasian atau  penyepakatan akan perlunya dan diikutinya batasan-batasan tertentu dalam proses konseling, supaya berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip layanan yang profesional.
Tujuan
1.      Konseli memperoleh orientasi yang tepat terkait dengan proses konseling yang dia jalani.
2.      Memperoleh kesamaan persepsi dan harapan yang realistik dalam proses konseling.
3.      Memperoleh kepastian bersama apakah konseli mau melanjutkan atau menghentikan proses konseling.
4.      Membangun suatu kesepakatan mengenai pola interaksi, tindakan, perbuatan, waktu, pencapaian, jaminaan, dan konsekuensi pernyyanan.

Prinsip-prinsip
1.      Dilakukan pada sesi awal pertemuan.
2.      Diberikan bila keadaannya membutuhkan.

Jenis penstrukturan
1.    Batasan peran ( role limit)→ menjelaskan peran konselor dalam member layanan konseling pada konseli agar tidak terjadi salah persepsi.
Contoh : “Saudara, dalam melakukan proses konseling ini saya butuh kejujuran saudara. Percayalah, Saya benar-benar akan menjaga rahasia Anda. Saya tidak dapat membantu Anda apabila Anda hanya diam saja.”
2.    Batasan layanan ( service limit)→ menjelaskan jenis dan sifat dari layanan konselor.
3.    Batasan topik (topic limit)→ mengajak memilih dan fokus pada masalah diantara sejumlah masalah yang diuraikan.
Contoh : “setelah saya mendengar ceritamu tadi saya menangkap banyak masalah yang Anda hadapi, coba kemukakan masalah apa saja yang Anda hadapi?”
Jika Konselor merasa ada masalah yang belum dikemukakan klien, maka konselor bertanya dengan mengatakan, “Kelihatannya bukan Cuma itu saja?”, jika klien benar-benar tidak tahu baru konselor yang meberitahukannya.
4.    Batasan tindakan (action limit)→ meminta konseli untuk menenagkan diri dan mengendalikan tindakanya agar tidak mengarah pada perusakan dan perbuatan negatif.
Contoh : Ada dua orang klien yang sedang bertengkar, lalu mereka memutuskan untuk ke ruang konseling. Dalam keadaan tersebut konselor sebaiknya menyuruh klien duduk, mencarikan minum, diam sejenak dengan duduk dipisahkan, lalu dimulailah proses konseling apabila klien sudah dalam keadaan tenang. Sulit bagi konselor untuk memaksakan proses konseling berlangsung dalam kondisi yang tidak tepat.
5.    Bataan waktum ( time limit)→ menyepakati berapa lama pertemuan. Biasanya setiap pertemuan sekitar 30-60 menit. Batasan waktu perlu agar konseli mau memanfaatkan waktu  sebaik-baiknya. Time limit dapat digunakan diawal dan diakhir konseling dengan verbal ataupun non verbal.
Contohnya :
verbal:
“Tampaknya kita sudah lama sekali melakukan pembicaraan ini, apa yang bisa saudara simpulkan diakhir pertemuan kita hari ini?”
Non verbal : dengan melihat jam tangan, jam dinding, menata buku, melakukan gerakan-gerakan yang tidak biasa, mengangkat kedua tangan seperti pada saat bangun tidur,
6.    Batasan tujuan (goal limit)→ menspesifikasikan tujuan yang yang ingin dicapai dalam proses konseling.
7.    Batasan jaminan kerahasiaan (confidentiality limit)→ meyakinkan konseli bahwa rahasianya terjaga.



Lead / Questioning
Pengertian
Lead  adalah ungkapan verbal konselor yang secara khusus berniat mengarahkan perha-tian dan pembicaraan konseli pada alur pembicaraan yang dikehendaki menurut proses dan isi bahasan konseling. Lazim menggunakan kata-kata pertanyaan atau permintaan, maka sering disebut teknik bertanya (questioning).

Tujuan
1.             Tergugahnya konseli memulai diskusi isu penting,
2.             Terhindarinya konseli dari pembeberan detail yang kurang relevan.
3.             Ditemukanya gagasan pembicaraan tertentu oleh konseli.
4.             Terfokusnya pembicaraan menurut proses dan alur konseling.
Jenis
1.             Pengarahan (lead) tidak langsung atau pengarahan umum (general).
2.             Pengarahan (lead) tidak langsung atau pengarahan khusus (spesifik).
1.             Komponen dan variasi
a.       Kata permintaan, himbauan, atau kata tanya.
b.      Kata petunjuk bidang isu yang diharapkan (umum dan khusus).
c.       Kata penjelasan atau kata keterangan.

Bentuk khusus
a.       Pengarahan tidak langsung (lead umum)→ merupakan pernyataan himbauan konselor agar konseli dalam responya terfokus pada topik konseling.
Contoh: “Saudara bisa menceritakan asal-muasal kejadian yang menimpa anda dan teman anda kenapa bisa sampai berkelahi…”
b.      Pengarahan langsung (lead khusus)→merupakan pertanyaan konselor kepada konseli secara terbuka, menggali, melacak, memotivasi konseli untuk berkomunikasi.
Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum dan terbuka, tidak menuntut jawanan ya atau tidak lebih bagus dan efektif digunakan untuk→
a.       Memulai interview
b.      Mendorong konseli menjajagi atau menemukan informasi.
c.       Mengungkapkan contoh tingka laku spesifik, perasaan, atau pikiran konseli.
d.      Memotivasi konseli untuk berkomunikasi dengan baik.
Contoh :  “ Apa yang anda lakukan setelah lulus sekolah? “
Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat khusus dan tertutup diperlukan untuk

1.  Mentempitkan topic diskusi
2.   mendapatkan informasi spesifik
3.  Mengenali kadar suatu masalah
4.  Mencegah melanturnya pembicaraan konseli

Contoh 1
a.       Konseli : “Saya mempunyai masalah dengan teman, bapak”
b.      Konselor; “Dapatkah saudara menceritakan bagaimana masalah saudara?
c.       Arah pembicaraan→ agar konseli bercerita tentang masalahnya pada bagian mana saja yang menurut dia penting untuk disampaikan
Contoh 2
a.       Konseli : “ Saya benci dengan perbuatan pacar saya, Ibu…”
b.      Konselor: ” Perbuatan apa yang kamu benci dari pacarmu?”
c.       Arah pembicaraan→ meminta konseli secara khusus bercerita tentang perbuatan pacarnya yang dibenci.

Reassurance
Pengertian
            Reassurance merupakan listening response, atau respon yang diungkapkan oleh konselor pada saat klien berbicara/bercerita. Melalui keterampilan ini, konselor mendukung apa yang dikatakan oleh klien atau dengan bahasa lain konselor memberikan reinforcement (penguatan) pada diri klien.
Prinsip dasar
1.      Pemberian penghargaan atas unjuk kerja konseli ke arah perubahan positif
2.      Perubahan kebiasaan/ perilaku baru/ lebih baik.
Tujuan
1.      Membangkitkan konseli ke arah rencana yang lebih baik dan positif
2.      Menguatkan perilaku baru yamh positif.
3.      Meredakan keraguan, kecemasan dan ketegangan konseli.
4.      Membebaskan konseli dari emosi yang berkepanjangan.

Jenis
Reassurance dibagi menjadi 3, yaitu :
a.      Prediction Reassurance
Ketika klien menyatakan bahwa ia akan melakukan suatu rencana tindakan yang positif, maka konselor dapat mendukung pernyataan klien tersebut atau memberikan suatu keyakinan bahwa ia bisa melakukan tindakan tersebut.
Contoh : “Bagus, saya yakin Anda sukses.”, “Anda pasti bisa”, “Itu rencana yang bagus sekali, Anda pasti bisa melakukannya.”
b.      Postdiction Reassurance
Semula klien merasa takut untuk menghadapi sesuatu, tetapi dengan keberaniannya ternyata ia berhasil juga menyelesaikan tugas yang selama ini dia takutkan. Keterampilan ini memberikan penguatan pada diri klien saat ini, yang semula ragu atas ketidakyakinan dirinya untuk mengulangi melakukan sesuatu hal, yang sebenarnya di masa lalu ia pernah berhasil melakukannya.
Contoh : “Tuh kan, buktinya Anda bisa melakukannya, Coba Anda lakukan sekali lagi. Anda pasti bisa.”
c.        Factual Reassurance
Pada saat klien mengalami musibah, misalnya, Konselor dapat membantu meringankan beban klien dengan memberikan dukungan factual bahwa apa yang dialami klien juga dapat dialami oleh orang lain dan merasakan seperti apa yang dirasakan klien saat ini.
Contoh : “Saya dapat memahami apa yang Anda rasakan saat ini, sebenarnya Saya juga pernah mengalami apa yang Anda alami itu. Kuatkan diri Anda, Anda pasti bisa melaluinya.”

Silent / Diam
Pengertian
Silent/ Diam atau membiarkan keheningan berlangsung beberapa saat yang diciptakan secara sengaja dengan sejumlah tujuan tertentu yang disadari konselor.
Tujuan
a.       Tercipta peluang konseli memutuskan sendiri bagaimana memulai dan kemudian memikirkan apa yang akan dibicarakan.
b.      Teredakanya sejumlah perasaan atau emosi negativ  konseli atas dampak peristiwa yang baru diungkapkanya.
c.       Terklarifikasikanya dalam pemikiran dan perasaan konseli sejumlah informasi yang memungkinkan konseli memperoleh insight.
Jenis
a.       Jeda, istirahat (pause)
b.      Kehabisan isu atau bahan bicara (ending)
c.       Selepas pencetusan perasaan mendalam, menyatakan (deep and painful; emotion).
d.      Antisipasi pernyataan (respon) dari konselor.Enggan (reluctant) atau menolak/bertahan (resistant).
Bentuk khusus
1.      Jeda, Istirahat
kebiasaan konseli dalam berbicara cepat, terburu-buru, kemudian berhenti. Respon konselor dengan keheningan beberapa detik saja.
Contoh
Konseli: “ Ketika saya bertemu dengan Dani, gadis yang saya sukai, dia sungguh anggun… hingga membuat saya kekimpukan, muka ku merah padam ……(dst)
Setelah bertemu dia tadi, saya selalu saja terbayang-bayang dia, naik di mimpi ataupun dimana saja… bahkan pernah karena melamun saya terjegur ke selokan… tidak hanya itu pak, saya akhir-akhir ini sering tidak fikus pada pekerjaan saya. dst
Contoh
         Konseli: begitulah saya akhir-akhir ini
         Konselor “ hem…hem…hem ….ya, ya,
         Konseli: … (diam)
         Konselor: …(diam Keheningan 3-5 detik)
Banyak cerita yang anda utarakan pada bapak, bapak senang mendengarnya.
2.      Kehabisan isu atau bahan bicara
Ketika konselor menghayati konseli kehabisan isu. Konselor memberi suasana keheningan kemudian merespon dengan klarifikasi atau pengarahan (lead).
Contoh
         Konseli : “… contoh diatas….
         Konselor: “ hem hem .. .. "
         Konseli: “ yah begitulah Pak…” (diam)
         Konselor: “… (keheningan 2-3 detik)
Intinya, kurang fokusnya anda karena anda selalu teringan dia….? (clarification).
3.      Selepas pengungkapan mendalam dan menyakitkan. Konseli menarik nafas dalam-dalam, kadang-kadang menunduk, bahkan menangis. Dalam situasi ini konselor merespon dengan keheningan cukup lama sampai keadaan dirasakan mereda, ketika konseli mengangkat kepala maka konselor merespon dengan reflection of feeling atau factural reassurance.
Contoh
      Konseli: “ ibu bisa bayangkan, semenjak saya kehilangan pacar saya, saya sangat kesepian sekali, berminggu- minggu saya berusaha melupakan kesedihan ini ( menangis), tapi apa bu di tengah kesepian ini,  teman akrab pacarku malah mengajak saya pacaran dengan dia( diam, merunduk).
      Konselor: “……(keheningan sampai konseli menyeka air mata atau mengangkat kepala). Anda sangat kehilangan rupanya”. (refleksi)
4.      Antisipasi pernyataan konseli diam dengan maksud menunggu dan mengha-rapkan jawaban tertentu dari konselor, entah komentar atau persetujuan atas ungkapan sikap atau keputasanya, ditandai sebelumnya uraian pendapat, persepsi, sikap, keputusan konseli terhadap sesuatu, kemudian diam sambil menatap konselor. Konselor tidak perlu menunggu terlalu lama kemudian merespon dengan teknik penerimaan, restatement,atau klarifikasi.
 contoh
            Konseli: “ saya pikir apa yang dilakukan dia (teman pacarnya) sungguh keterlaluan, dia tidak setia kawan, baru saja dia meningga, dia berbuat seperti itu”.
            Konselor: “ saya memahami apa yang anda rasakan”, (acceptance)




Rejection
Pengertian     
Rejection merupakan teknik konseling yang dilakukan konselor untuk mencegah perbuatan atau tindakan yang menurutnya kurang atau tidak pantas dan merugikan diri konseli sendiri atau orang lain jika dilakukan.
Tujuan
1.      Menghindarkan diri konseli dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.
2.      Mendorong konseli untuk melakukan tindakan yang lebih bijak dan baik.
3.      Membuat konseli agar lebih dewasa mengambil keputusan.
4.      Membuka mata dan pikiran konseli atas tindakan yang akan diambil.
Komponen dan aturan
a.       Menggunakan kata-kata yang mengacu pada nilai dan norma- norma baik yang berlaku.
b.      Menggunakan inti larangan atau alternatife tindakan lain.
c.       Melakukan rejection harus disertai dengan alasan yang rasional.
d.      Jangan sampai menyinggung atau menyakiti hati dan perasaan konseli.
Jenis
1.      Larangan Langsung
Merupakan suatu larangan yang secara langsung ditujukan kepada konseli oleh konselor yang langsung pada pokok persoalan atau masalah yang mana bila konseli mempunyai rencana yang jelas-jelas merugikan dirinya dan orang lain.
Kata acuannya : Jangan, tidak dsb.
Contoh :
Konseli : Saya sudah lelah pak jika terus hidup seperti ini, rasanya saya ingin mati saja pak…”
Konselor : Apa yang kamu katakan, jangan berbuat nekat,apalagi sampai mengakhiri hidup…”
2.      Larangan Tak Langsung
Merupakan suatu larangan yang secara tidak langsung ditujukan kepada konseli oleh konselor, jika konselor menduga dan menafsirkan perbuatan konseli itu merugikan. Larangan ini dilakukan dengan dua cara yakni spontan dan penundaan. Spontan maksudnya adalah larangan yang diberikan tanpa menunggu konseli selesai memberikan penjelasan. Sedang penundaan ya lrangan yang diberikan setelah konseli selesai memberikan penjelasan.
Contoh ;
Konseli : “ Ingin sekali saya mencontek, agar dapat nilai yang bagus….”
Konseli : “ Menurut anda apakah perbuatan seperti itu dibenarkan…?”

Advice
Pengertian
Advice merupakan teknik konseling yang dilakukan oleh konselor untuk memberikan nasihat kepada konseli dengan mengisyaratkan ada suatu pilihan, rencana, atau peluang yang baik bagi konseli.
Tujuan
1.      Memberikan nasihat kepada konseli agar bertindak lebih baik
2.      Memberikan solusi atau pemecahan masalah
Komponen dan Variasi
1.      Menggunakan kata ganti orang
2.      Mempertimbangakan kelebihan atau kelemahan nasihat yang diberikan.
3.      Member pilihan atau alternatif.
4.      Memberikan nasihat dengan anjuran, atau prediksi ke depannya.
Jenis
a.       Nasihat Langsung
Nasihat Langsung diberikan konselor apabila, konseli ragu akan pilihannya, tetapi konseli menunjukan suatu perbuatan yang mendukung.
Contoh :
Konseli          :” Saya harus memilih mana Pak, antara pilihan Ibu atau pilihan saya?
Konselor        : “ Menurut bapak, sebaiknya saudara menerima pilihan Ibu saudara, mungkin ibu
    saudara lebih tahu mana yang lebih baik untuk saudara”.
b.      Nasihat yang bersifat persuasif/ dorongan
Konselor memberikan gambaran akan kekurangan dan kelebihan sebelum memberi saran, jika dirasa cukup maka akan diberikan nasihat atau saran kepada konseli.
Contoh :
Konselor : “ Dani memang banyak keuntungan yang anda peroleh jika anda bekerja, anda bisa membantu keuangan orang tua,bisa hidup mandiri, tapi dari segi lain mungkin kuliah Dani akan terganggu.”
c.       Nasihat yang bersifat pertimbangan atau penjelasan
Suatu nasihat yang diberikan dengan mempertimbangkan kelemahan dan keunggulan yang disertai alternatif- alternatif dalam setiap pemberian informasi.
Contoh :
Konselor : “ Jika anda menjadi pemain sepak bola,mungkin anda bisa menjadi orang yang terkenal bahkan lebih kaya dari persiden kita saat ini, tapi resiko yang harus anda hadapi adalah cedera yang sering menghinggapi pemain sepakbola itu sendiri. Keputusan anda ingin menjadi seorang desainer lebih ringan kerjanya, hanya saja yang namanya desainer haruslah produktif, penuh inovasi agar hasil desain yang dihasilkan tetap bisa bersaing.

Intrepretation
Pengertian
            Pernyataan konselor yang mengkomunikasikan penjelasan makna, tafsiran makna atau dugaan pesan atau sikap dan perilaku konseli.
Tujuan
1.      Mengembangkan hubungan yang baiok melalui pengkumunikasian yang baik dan menyenangkan konseli.
2.      Mengenali hubungan sebab akibat antara pesan dsan perilaku eksplisit dan implisit
3.      Membantu konseli mengkaji tingkah laku dari sudut konselor.
4.      Memotivasi adar konseli mengubvah pikiran atau perilaku yang tiudak efektif.
Komponen dan Variasi

a.       Kata acuan, dasar  intrepestasi
b.      Kata modalita atau kata tanya

c.       Isi tafsiran konselor yang baik dan menyenangkan atau tidak menyinggung konseli.
Jenis
A.    Pengecekan informasi
Teknik yang dipakai jika terjadi kegagalan dalam menangkap pesan eksplisit arti konseli.
Contoh :
Konseli :” Bapak, saya bingung, dengan keadaan saya, saya berusaha menghemat keuangan, tapi setiap saya melihat ini…itu…saya jadi ingin memilikinya, ya jadinya saya    membellinya…jadinya saya itu hampir setiap bulan kehabisan uang…”
Konselor : “ Dari keterangan barusan, apakah anda bermaksud mengatakan kalau anda itu tidak bias mengatur keuangan anda sendiri”.
B.     Interpetasi tunggal
Teknik untuk mengklarifikasi makna tunggal terhadap satu pesan atau ungkapan konseli.
Contoh :
Konseli : “Bapak, saya bingung, setiap saya berusaha menghemat keuangan, tapi tidak tahu  uang saya selalu habis, dan saya tidak tahu uangnya saya gunakan untuk apa… jadinya saya itu hampir setiap bulan kehabisan uang…”
Konselor : “ Dari uaraian barusan,anda bermaksud mengatakan, kalau anda itu bermasalah dengan manajemen keuangan”.
C.     Intrepetasi ganda
Teknik untuk mengklarifikasi makna ganda terhadap pesan atau ungkapan konseli.
Contoh :
Konseli :” Bapak, saya bingung, setiap saya berusaha menghemat keuangan, tapi tidak tahu  uang saya selalu habis, dan saya tidak tahu uangnya saya gunakan untuk apa… tapi yang saya ingat teman-teman yang membuat saya menjadi seperti ini…. jadinya saya itu hampir setiap bulan kehabisan uang…”

Konselor :” Dari keterangan saudara, anda mengatakan pengeluaran boros itu selain karena anda itu tidak bias memanajemen kuangan juga karena teman-teman anda”.

Konfrontation
Pengertian
Konfrontasi (Confrontation), teknik komunikasi yang menantang konseli, karena adanya ketidaksesuaian yang terlihat dalam pernyataan dan tingkah laku konseli, karena terjadi inkonsistensi antara perkataan dan perbuatan, ide awal dengan ide berikutnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam konfrontasi:
1.      Adanya kesenjangan yang diungkapkan konseli.
2.      Konselor  telah memahami masalah konseli secara mendalam
3.      Telah terbinanya keakraban antara konselor  dan konseli secara mendalam
4.      Bertujuan meredakan ketegangan yang ada dalam batin konseli
5.      Mendorong konseli mengadakan penelitian secara jujur
6.      Meningkatkan potensi konseli
7.      Membawa konseli pada kesadaran adanya diskrepansi, konflik atau kontradiksi dalam dirinya
8.      Meningkatkan potensi konseli
9.      Membawa konseli pada kesadaran adanya diskrepansi, konflik atau kontradiksi dalam dirinya
10.  Disampaikan dengan bahasa yang lugas; ringkas, tepat, jelas mudah dipahami konseli.
11.  Tidak menyalahkan atau menilai, disertai perilaku attending, disampaikan pada waktu yang tepat.

Tujuan
-          Membantu konseli menjadi lebih baik menyadari kesenjangan atau ketidakselarasan di dalam pemikiran, perasaan dan perilaku.
-          Membuat konseli agar memiliki cara pandang yang baru yang mengarah pada tingkah laku baru.
Komponen dan variasi
A.    Kata penggugah perhatian, penyebutan nama konseli atau kata penggugah lainnya.
B.     Isi atau pesan-pesan yang” dipertentangkan” atau dihubungkan.
C.     Kata atau kalimat tanya.
Contoh dari 3 komponen di atas :
“ Soni (a), anda tadi mengatakan anda senang sekali mendapatkan pemberian ini, tapi muka anda pucat(b), apakah ini mengatakan kalau anda kurang senang tas pemberian hadiah tersebut.

Summarization
Pengertian
            Konselor/klien membuat simpulan dalam proses konseling.
Tujuan
1.      Memadukan pesan-pesan konseli dalam proses konseling tersebut.
2.      Mengidentifikasi tema yang muncul setelah terungkapnya sejumlah pesan.
3.      Mencegah pembicaraan konseli yang bertele-tele.
4.      Merangkum hasi kemajuan konseli yang telah dicapai.
Komponen
a.       Kata penggugah perhatian : sampai detik ini, dari awal samapi sekarang, dsb
b.      Kata isyarat, kata kunci rangkuman : jadi, pada akhirnya, dsb
c.       Paduan isu, topik atau isi rangkuman : ....hal penting...., inti pembicaraan kita tadi...., dsb
Jenis
a. Summary bagian.
Simpulan tentang suatu data/sekelompok data dalam suatu proses konseling yang dibuat dalam rentang waktu atau durasi proses konseling untuk memperjelas poin pembicaraan.
Contoh : “sementara ini…,” “sejauh ini…”
Summary bagian ini ada 2 yaitu :
1.      Summary bagian secara langsung.
Dilakukan atas prakarsa konselor itu sendiri berdasarkan kejelasan masalah.
Contoh : “ Dari perbincangan yang masih sekitar 5 menit ini nampaknya anda selain bermasalah
     dengan diri sendiri anda juga bermasalah dengan teman-teman di sekolah”.
2.      Summary bagian secara tidak langsung.
Dilakukan atas sebagian prakarsa konselor , dan kemudian ditawarkan pada konseli untuk melengkapi/ menambahkan.
Contoh: “ Di awal pertemuan kita ini, anda mempunyai banyak masalah diantaranya dengan diri sendiri, teman selain itu mungkin bias disebutkan ……..”.

a.      Summary akhir.
Simpulan akhir untuk mengakhiri proses konseling.
Contoh 1
“Kita sudah berbicara banyak sejauh ini, apa yang bisa Anda simpulkan dari pertemuan kali ini?”
“Kalau Anda bisa menyimpulkan, bagaimana kesimpulannya?”

Contoh 2
“ Pada akhirnya kita banyak menyepakati permasalahan-permasa;ahan yang anda almi, mulai dari masalh belajar, keuangan, bahkan sosialisasi anda juga bermaslah”.

Termination
Pengertian
            Respon konselor untuk mengakhiri proses konseling untuk dilanjutkan lagi atau memang proses konseling benar-benar telah selesai. Maksud selesai menurut saya yakni proses konseling yang sudah membuat konseli bisa memahami diri dan bagaimana memikirkan tindakan selanjutnya yang lebih baik dan berguna bagi dirinya.s
Tujuan
1.      Mencapai pemahaman antara konselor dan konseli mengenai apa yang dicapai dalam proses konseling
2.      Mengkomunikasikan keperluan penyesuaian terhadap pengambilan tanggung jawab seusai konseling.
3.      Memelihara persepsi pantas konseli tentang penerimaan dan pemahaman konselor.
4.      Memiliki gambaran “Peta Kognitif” jalannya konseling.
Jenis
a.       Pengakhiran Langsung/ Murni
Pengakhiran proses konseling, secara verbal, singkat dan tegas, yang mengandalkan bahasa pragmatik.
Contoh : “ Bapak rasa konseling kita sudah selesai, mungkin bisa kita akhiri sekarang”.
b.      Pengakhiran Tak Langsung
Pengakhiran proses konseling ini ada 2 yakni Verbal dan Non verbal
Verbal : Melalui ucapan konselor
Contoh : “ Mendengar keinginan saudara tadi, alangkah baiknya jika dipikirkan dulu secara matang dengan orang tua anda dirumah, mungkin nada bisa melakukannya saat ini juga…”
Non verbal : dengan melihat jam dinding ata jam tangan dengan berkali-kali.



Daftar Rujukan
Fauzan, Lutfi dkk. 2008. Teknik-teknik Komunikasi Untuk Konselor. UM :
            UPTBK
Semiun, Yustinus. 2006.Kesehatan Mental 3.Yogyakarta: Kanisius
Yeo,Anthony .2007. Konseling: Suatu Pendekatan Pemecahan Masalah. Jakarta :
            Gunung Mulia
Diakses 1 Desember 2011





Tidak ada komentar:

Posting Komentar